Rabun Senja, Bagaimana Cara Mencegahnya ?

Hasil gambar untuk rabun senja

Deherba.com

Rabun Senja adalah jenis gangguan penglihatan yang juga dikenal sebagai nyctalopia. Orang-orang dengan kebutaan malam mengalami penglihatan yang buruk di malam hari atau di lingkungan yang temaram. Meskipun istilah “rabun senja” menyiratkan bahwa Anda tidak dapat melihat di malam hari, ini bukan masalahnya. Anda mungkin lebih sulit melihat atau mengemudi dalam kegelapan.

Beberapa jenis kebutaan malam dapat diobati sementara jenis lainnya tidak. Temui dokter untuk menentukan penyebab gangguan penglihatan Anda. Setelah mengetahui penyebab masalahnya, Anda dapat mengambil langkah untuk memperbaiki penglihatan Anda. Kebutaan malam adalah gejala kondisi mata yang mendasarinya yang menyebabkan gangguan penglihatan saat pencahayaan redup. Misalnya, kebutaan malam dapat mencegah seseorang untuk dapat melihat bintang di malam hari, atau hambatan di ruangan gelap.

Untuk mengidentifikasi kebutaan malam sekaliguh sebagai cara mencegah rabun senja, Anda bisa mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Apakah bergerak di sekitar rumah dalam cahaya redup merupakan tantangan?
  • Apakah mengemudi di malam hari semakin sulit?
  • Apakah sulit mengenali wajah dalam cahaya redup?
  • Apakah butuh waktu lama secara tidak normal untuk menyesuaikan diri dengan ruangan terang setelah berada dalam kegelapan?
  • Apakah butuh waktu lama untuk melihat di ruangan yang gelap setelah berada di bawah cahaya?

Gejala lain juga dapat terjadi dengan rabun senja. Sifat dari gejala-gejala ini akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya tetapi dapat meliputi : sakit kepala, sakit mata, mual, muntah, penglihatan kabur, atau berawan, sensitivitas terhadap cahaya, kesulitan melihat ke kejauhan.

Penyebab potensial

Rabun senja adalah hasil dari salah satu dari beberapa kondisi, banyak di antaranya dapat diobati. Ketentuan dapat meliputi :

1. Glaukoma

Glaukoma mengacu pada sekelompok kondisi mata di mana kerusakan pada saraf optik, yang menghubungkan mata ke otak, menyebabkan tekanan pada mata. Ini dapat merusak penglihatan yang bisa permanen.

2. Katarak

Katarak terjadi ketika lensa mata menjadi keruh. Ini sering terjadi ketika protein dalam lensa rusak, biasanya karena penuaan. Clouding lensa dapat merusak penglihatan, termasuk dalam pencahayaan redup.

3. Rabun jauh

Orang dengan rabun jauh, yang oleh dokter disebut miopia, tidak dapat melihat objek di kejauhan secara akurat. Ini terjadi ketika mata tumbuh terlalu lama dan tidak lagi memfokuskan cahaya dengan benar.

4. Kekurangan vitamin A

Vitamin A, atau retinol, adalah nutrisi penting untuk penglihatan. Sebagai contoh, itu membentuk protein yang menyerap cahaya di retina dan mendukung fungsi mata. Kekurangan vitamin A dapat berdampak serius pada penglihatan.

5. Retinitis pigmentosa

Ini adalah sekelompok penyakit mata langka yang merusak retina. Ini adalah kelainan genetik yang mengakibatkan kesulitan melihat dalam cahaya rendah.

Bagaimana Cara Saya Mencegah Rabun Senja ?

Anda tidak dapat menemukan cara mencegah rabun senja yang merupakan akibat dari cacat lahir atau kondisi genetik, seperti sindrom Usher. Anda bisa, bagaimanapun, memonitor kadar gula darah Anda dengan benar dan makan makanan seimbang untuk membuat kebutaan malam lebih kecil kemungkinannya.

Konsumsilah makanan yang kaya antioksidan, vitamin, dan mineral, yang dapat membantu mencegah katarak. Selain itu, pilih makanan yang mengandung vitamin A tingkat tinggi untuk mengurangi risiko kebutaan malam hari. Makanan berwarna oranye tertentu merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, seperti : cantaloupes, ubi jalar, wortel, labu, labu butternut, mangga. Vitamin A juga ada di : bayam, sejenis sawi, susu dan telur.

Bagaimana prospek jangka panjangnya?

Jika Anda memiliki rabun senja, Anda harus mengambil tindakan cara mencegah rabun senja untuk menjaga diri Anda dan orang lain aman. Jangan mengemudi di malam hari sebanyak mungkin sampai penyebab kebutaan malam hari Anda ditentukan dan, jika mungkin, dirawat. Atur untuk melakukan perjalanan Anda di siang hari, atau amankan perjalanan dari teman, anggota keluarga, atau layanan taksi jika Anda perlu pergi ke suatu tempat di malam hari. Mengenakan kacamata hitam atau topi bertepi juga dapat membantu mengurangi silau ketika Anda berada di lingkungan yang terang benderang, yang dapat memudahkan transisi ke lingkungan yang lebih gelap.

Sumber : 

www.medicalnewstoday.com

www.healthline.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>